Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Kemendikbud

11 / 100 SEO Score

Sebanyak 315 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengikuti acara Pembukaan Latihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III di aula 1 gedung pancasila, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pelaksanaan Latsar akan dibagi menjadi dua gelombang. Pada gelombang pertama berjumlah 159 peserta, sedangkan gelombang kedua berjumlah 156 peserta. Peserta merupakan formasi CPNS 2018.
Pembukaan Latsar CPNS Golongan III delapan angkatan yang dilaksanakan pada Senin 24 Juni 2019 tersebut, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, Ph.D. Dalam sambutannya beliau berharap semoga selama pelatihan ini peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat, ilmu yang barokah, dan ilmu untuk supaya bisa melayani dengan sebaik-baiknya.
Sebelumnya pada kesempatan tersebut, Kapusdiklat Pegawai Kemendikbud Dra. Garti Sri Utami, M.Ed. memberikan laporan kegiatan. “Penyelenggaraan Latsar ini merupakan mandat dari UU ASN dan PP Manajemen PNS, bahwasannya CPNS wajib mengikuti Latsar untuk pengangkatan sebagai PNS. Latsar CPNS ini tujuannya adalah untuk membentuk karakter dan profesionalitas calon PNS yang sejalan dengan Peraturan LAN nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar. Pusdiklat menerapkan pola moda kombinasi yang sudah diikuti melalui e-learning yang dilakukan untuk penguatan kompetensi teknis bidang tugas,” kata beliau dalam laporannya.
Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III diselenggarakan selama 51 hari kerja atau 511 Jam Pelajaran (JP). Dengan perincian, 21 hari kerja atau setara dengan 191 JP untuk pembelajaran klasikal, dan 30 hari kerja atau aktualisasi di tempat kerja peserta pelatihan. Pada saat pembelajaran klasikal peserta diasramakan, bertempat di Kampus Pusdiklat Pegawai, Kemendikbud, Jalan Raya Ciputat-Parung Km.19 Bojongsari, Depok.
Skenario Pembelajaran Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III diselenggarakan dengan menggunakan sistem giat/rehat atau on/off kampus, yang terdiri dari 3 tahap kegiatan. Giat Kampus 1 yaitu 18 hari kerja dengan pembelajaran klasikal dari tanggal 24 Juni sampai dengan 13 Juli 2019. Kemudian Giat Kampus 1 selama 30 hari kerja, yaitu pembelajaran non klasikal ditempat kerja peserta, dari tangal 15 Juli hingga 23 Agustus 2019. Selanjutnya Giat Kampus 2 selama 4 hari kerja, terdiri dari evaluasi akhir pembentukan Karakter PNS dan Penguatan kompetensi teknis bidang tugas melalui seminar hasil aktualisasi, dari tanggal 26 sampai 29 Agustus 2019.