Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Angkatan V

Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Angkatan V 1

 

Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Angkatan V diselenggarakan selama tujuh hari, dari tanggal 2 sampai dengan 8 Desember 2018. Pelatihan tersebut bertempat di Kampus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Raya Ciputat – Parung Km. 19 Bojongsari, KotaDepok.

Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan aparatur khususnya dalam melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah pada semua unit kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan pertimbangan itu, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud (Pusdiklat Pegawai Kemendikbud) bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKKP) menyelenggarakan Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bagi pegawai yang bertugas sebagai pengelola pengadaan barang dan jasa pada unit kerja masing-masing.

Peserta akan mendapat 73 jam pelajaran dengan dibekali tiga materi. Yang pertama adalah Materi Umum, diantaranya yaitu Kebijakan Pelatihan PNS di Lingkungan Kemendikbud, Penjelasan Penyelenggaraan Program, dan Kebijakana Umum Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan Kemendikbud.

Kedua ada materi Pokok yang berisi; (1) Building Learning Commitment; (2) Ketentuan Umum; (3) Tujuan, Kebijikan, Prinsip dan Etika Pengadaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) serta usaha kecil, Produk dalam Negeri dan Pengadaan berkelajutan; (4) Pelaku PBJ; (5) PBJ secara Elektrik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi dan Pelayanan Hukum; (6) Perencanaan Pengadaan; (7) Persiapan PBJ; (8) Pelaksanaan PBJ melalui Swakelola; (9) Pelaksanaan PBJ melalui Penyedia; (10) Pengadaan Khusus; (11) Pembahasan Tes Materi; (12) Review Materi; (13) Pengerjaan dan Pembahasan Soal Try Out; (14) Penjelasan Ujian; (15)Simulasi Ujian; (16) Ujian Sertifikasi.

Materi ketiga yaitu Materi Penunjung diantaranya; Pembelajaran Perilaku Kepemimpinan dan Manajemen, Pre-Post Test dan Evaluasi, serta Pembukaan dan Penutupan.

Dengan diadakannya Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa, peserta diharapkan mampu menjelaskan tahapan kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah, dan melakukan kegiatan pengadaan yang mempunyai spsifikasi sederhana secara efisien dan efektif. Setelah mengikuti ini peserta juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya melalui On the Job Training di ULP atau dengaan “metode coaching” dengan pihak-pihak yang kompeten dalam pelaksanaan pengadaan.

Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Angkatan V 2

Sebelum berlangsungnya perkuliahan, Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan V secara resmi dibuka oleh Kepala Pusdiklat Pegawai Kemendikbud yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, M. Rizal, S.T., M.Si. Pembukaan berlangsung pada 3 Desember 2018 di Ruang Kelas Gedung Budaya Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, dengan dihadiri 15 peserta dan sisanya masih dalam perjalanan menuju Kampus Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.