Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan seleksi Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II. Diikuti sebanyak 33 peserta dari Unit Utama dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK). Fasilitator seleksi berasal dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Seleksi PKN tingkat II dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen ASN. Adapun teknis penyelenggaraannya mengacu pada Keputusan Kepala LAN Nomor 1 tahun 2004 tentang Pedoman Seleksi Calon Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (diklatpim) tingkat I, II, III dan IV.

Seleksi calon peserta PKN tingkat II bertujuan untuk menjamin sistem pembinaan kepegawaian yang berdasar pada prinsip profesionalisme, keterbukaan, tidak diskriminarif, dan berbasis kompetensi. Dan, tujuan disusunnya pedoman seleksi calon peserta PKN adalah untuk memberikan panduan tentang pelaksanaan proses perencanaan, penjaringan, pemanggilan, seleksi dan penetapan calon peserta PKN.

Rangkaian kegiatan seleksi dimulai dari tanggal 13 Maret 2019, yaitu registrasi penerimaan peserta. Kemudian dihari ini tanggal 14 Maret 2019, Kepala Pusdiklat Pegawai Kemendikbud memberi sambutan kepada peserta di Aula 2 Gedung Pancasila Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Pada kesempatan itu perwakilan dari LAN RI turut memberikan penjelasan teknis seleksi yang akan dilaksanakan.

Setelah itu peserta ditempatkan di ruang Laboratorium Komputer dan ICT untuk mengikuti tes substansi diklat. Materi seleksi yang diberikan tidak hanya tes substansi. Peserta juga akan mengikuti beberapa tes yaitu tes Bahasa Inggris secara tertulis dan Psikotes. Di tanggal 15 Maret 2019, peserta akan melakukan wawancara substansi potensi akademik.

Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 1
Sambutan dan Penjelasan Teknis Seleksi Calon Peserta PKN Tingkat II

Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2 Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 3 Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 4

Tes Substansi Diklat Calon Peserta PKN Tingkat II di Laboratorium Komputer dan ICT

Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 5
Tes Bahasa Inggris Calon Peserta PKN Tingkat II
Seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 6
Psikotes Calon Peserta PKN Tingkat II