Tiga Pusdiklat Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Empat

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta Pusat Pendidika dan Pelatihan Badan Siber dan Sandi Negara. Ketiga Pusdiklat tersebut bekerja sama dalam menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 2 dan 3.

Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV ini dasar hukumnya adalah UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, kemudian PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil,serta Peraturan Kepala LAN Nomor 20 Tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaran Diklat Kepemimpinan Tingkat IV.

Tujuan dari pelatihan ini adalah unutk membentuk kompetensi kepepmimpinan operasional dan membentuk kepemimpinan perubahan pada pejabat struktural eselon empat, yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di Instansi masing-masing.

Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 2 dan 3 diselengarakan di Aula 1 Gedung Pancasila Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Peserta yang hadir dari Angkatan 2 berjumlah 36 peserta yang berasal dari Kemnedibud. Kemudian peserta Angkatan 3 berjumlah 38 orang dari Kemristekdikti dan 2 orang dari BSSN.

Pada pembukaan, Dra. Kokom Komala, M.Pd selaku Kepala Bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan  bertugas untuk membacakan laporan. “Untuk penggunaan ruang kelas kita lebih banyak di kelas budaya, sudah merupakan ruang kelas yang seperti disarankan oleh LAN. Kita ada kelas besar dengan model island yang akan dibentuk kelompok-kelompok kecil dan disana juga sudah disiapkan meja bundarnya. Jika ada kuliah gabungan biasanya kita menggunakan aula 1.” Kata Kokom Komala dalam laporannya.

Selain itu Kokok Komala juga menjelaskan mengenai fasilitas yang disediakan Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Diantaranya adalah fasilitas perpustakaan dan klinik untuk penyakit-penyakit umum, apabila perlu rujukan ada beberapa rumah sakit yang dekat dengan Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Beliau mengingatkan kepada ibu-ibu yang sedang hamil khususnya, agar lebih memperhatikan jalan ketika sedang melintasi selasar. Dikarenakan lokasi lingkungan pusdiklat memiliki jalan yang naik-turun dan terdapat banyak anak tangga.

Sedangkan untuk fasilitas rekreasi disedikan ruang fitness yang dibuka 24 jam. Ada juga lapangan bulu tangkis dan tenis baik itu outdoor ataupun indoor. Bagi yang ingin bermain futsal atau sepak bola, Pusdiklat juga menyediakan lapangannya. Selain itu disedikan pula beberapa sepeda dan peralatan bulu tangkis serta tenis.

Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV pada hari Senin, 25 Maret 2019 dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Lanjar selaku Kepala Bidang Program Kerja sama yang dalam hal ini mewakili Kapusdiklat Kemristekdikti. Melalui Dr. Ir Lanjar, beliau menitipkan beberapa pesan untuk para peserta.

Yang pertama, terkait dengan pelaksanaan kebijakan. Peserta diharapkan dapat melaksanakan kebijakan dengan sebaik-baiknya. Kedua, untuk peserta yang merupakan pejabat eselon empat perlu meningkatkan jiwa resolutif. Serta memberikan pelayanan sebaik mungkin, akuntable dan memiliki integritas. Sedangkan yang ketiga, peserta diharapkan menjadi ASN yang berperan sebagai pemersatu bangsa dengan memanfaatkan industry 4.0. Dan yang terakhir, melalui diklat ini peserta diharapkan dapat melakukan proyek perubahan pada tataran operasional.

“Diharapkan peserta mendapat nilai 90 sampai 100 sehingga sangat memuaskan. Dan mudah-mudahan peserta selalu sehat sampai berakhirnya diklat dan semua dapat mengikuti diklat ini hingga lulus.” Ucap Dr.Ir. Lanjar sebelum mengetuk palu tanda dibukanya Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV.

Tiga Pusdiklat Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Empat 1 Tiga Pusdiklat Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Empat 2

 

Galeri foto : https://drive.google.com/drive/folders/10mvH43Hwpz-qZsxOaxjnuvzjsLQ1uRe3?usp=sharing