Jadikan Pusdiklat Pegawai Menjadi Tempat yang Nyaman Untuk Semua Orang

Sawangan, Pusdiklat– “Kita harus menjadikan Pusdiklat Pegawai menjadi tempat yang “hommy” atau nyaman untuk semua orang. PPNPN adalah garda terdepan dalam pelayanan terhadap tamu sehingga kita harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada siapapun yang datang ke Pusdiklat”, ujar Kepala Pusdiklat pegawai, Dr. Ir. Mustangimah dalam arahannya di acara Sosialisasi Budaya Kerja Melayani yang berlangsung Kamis, 20 Juli 2023 di Gedung Merah Putih, Pusdiklat Pegawai.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Bagian Tata Usaha Dewi Andayani, SE. AK. M.AB dan Ketua Tim Tata Laksana dan Kepegawaian, Dra. Esty Sulistianingsih, M.Pd. Acara ini diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan menerapkan nilai-nilai serta norma budaya kerja yang konsisten dalam pelaksanaan tugas.

Sosialisasi ini dihadiri oleh semua PPNPN Pusdiklat Pegawai 119 orang dari semua bagian di Pusdiklat. Para PPNPN dalam kesempatan tersebut mendengarkan paparan HOSPITALITY AND EXCELLENCE SERVICE TRAINING dari narasumber Dr. Suci Sandi di Wachyuni, S.Tp. MM dari Universitas Sahid, Jakarta. Narasumber dalam kesempatan tersbut banyak memperlihatkan praktek hospitality yang harus dijalankan dalam kegiatan sehari-hari di kantor termasuk Pusdiklat Pegawai. Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar seperti memberi salam, menyapa dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para tamu menjadi salah satu topik yang dipraktekkan dalam kesempatan tersebut. “Bekerja di bidang hospitality artinya anda harus memilki ruh hospitality, jika anda melakukannya tanpa ruh maka akan terlihat kurang maksimal”, demikian ujar Suci.

“Materi ini sangat bagus karena menggabungkan materi dan praktek yang bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari di kantor. Pada akhirnya jika kita mempraktekkannya dengan baik maka kita akan memberikan pelayanan yang prima”, ujar Rizqo Yanuananda salah satu PPNPN yang telah bekerja selama 2 tahun.

Dalam sosialisasi tersebut dipraktekkan juga semacam role play langsung dari peserta sosialisasi bagaimana menyambut tamu, menyapa dan menmbawa tamu untuk masuk ke ruang tunggu dan sebagainya. (SLM)