Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa

Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa 1 Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa 2 Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa 3 Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa 4 Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa 5 Pembukaan Diklat PIM III, IV dan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa 6

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi Ph.D, memberikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi penyelenggaran Diklat Kepemimpinan Tingkat III angkatan 1 (Diklatpim III) dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV) angkatan 1 serta Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa (Diklat Barjas) angkatan 1.
Dalam sambutannya, Didik Suhardi mengharapkan kepada peserta diklat yang menduduki jabatan eselon III dan IV untuk selalu melakukan inovasi di dalam ruang lingkup tugasnya sehingga memudahkan dalam pekerjaan dan pemantauannya.

Sebelum kegiatan dibuka secara resmi, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud Dra. Garti Sri Utami, M.Ed mengawali dengan menyampaikan laporan penyelenggaraan ketiga diklat.
Dalam laporannya, Kapusdiklat mengingatkan tujuan  dari Diklatpim III adalah mencetak pemimpin kearah taktikal sebagai penerjemahan visi dan misi lembaga, sedangkan Diklatpim IV untuk mencetak pemimpin kearah operasional. Pejabat eselon III dan IV merupakan ujung tombak dalam pengelolaan program dan pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan harus dimatangkan terlebih dahulu sebelum sampai kepada eselon II dengan membangun jejaring kerja serta menumbuhkan “trust” dari pihak-pihak terkait.

Pada kesempatan pengarahan, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi juga mengingatkan kepada pejabat eselon III dan IV peserta Diklatpim III dan IV agar senantiasa meningkatkan kompetensinya terkait dengan:

1. Kompetensi Substantif (memahami aturan, regulasi dan kebijakan);

2. Kompetensi Managerial (pengelolaan sumber daya yang ada secara efektif); dan

3. Kompetensi Leadership (memiliki gaya kepemimpinan yang akan mendukung kinerja).

Selanjutnya kepada Peserta Diklat Barjas diingatkan agar menghindari hal-hal yang dapat merugikan negara melalui komitmen kuat untuk:

1. Tidak ikut bermain di dalam pengadaan barang/jasa;

2. Tidak mengunci spesifikasi teknis barang/jasa; dan

3. Memanfaatkan e-Katalog;

Kegiatan pembukaan yang berlangsung pada hari Senin (19/02/2018) di Aula I Lantai 2 Gedung Pancasila tersebut dihadiri juga oleh seluruh pejabat eselon III dan IV serta Widyaiswara Pusdiklat Pegawai Kemendikbud serta tamu undangan.