Sosialisasi Nilai Dasar (Core Value) ASN BerAkhlak Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek

 

Sawangan, Pusdiklat–Pemerintah terus mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis (dynamic government) melalui percepatan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi dilakukan sebagai ikhtiar untuk membuat birokrasi lebih adaptif, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan. “ASN Pusdiklat Pegawai harus memiliki persepsi yang sama, memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama. Setiap ASN termasuk ASN Pusdiklat juga harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sehingga turut mendukung kerja pemerintah untuk menciptakan pemerintahan yang dinamis”, ujar Kepala Pusdiklat Pegawai Amurwani Dwilestariningsih dalam acara Sosialisasi Nilai Dasar ASN Berakhlak, Kamis 8 September 2022 di Gedung Merah Putih, Kampus Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek. Sosialisasi ini dihadiri oleh 150 ASN Pusdiklat Pegawai yang terdiri dari CPNS, PNS dan PPNPM yang ada.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk membuka wawasan dan pengetahuan ASN Pusdiklat Pegawai tentang Nilai Dasar ASN dan juga memberikan arahan bagaimana mengimplentasikan Nilai Dasar ASN tersebut dalam menjalankan tugas sehari-hari sehingga menjadi ASN yang merupakan bagian dari world class government di masa datang.

 

       

Acara sosialisasi ini diisi oleh pemateri Widyaiswara Ahli Madya (Koordinator Pelatihan Dasar dan PPPK) Kokom Komala, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut Kokom Komala menyampaikan  pengertian, manfaat dan urgensi dari Nilai Dasar ASN Berakhlak ini. Masing-masing poin dari BerAkhak dijabarkan satu per satu mengenai pengertiannya dimulai dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif  dan Kolaboratif. Bagaimana ASN Pusdiklat dengan nilai dasar tersebut diharapkan  mampu mengimplementasikannya dalam tugas dan jabatannya.

“Bangga melayani bangsa bukan hanya ranah PNS saja tapi ranah ASN termasuk di dalamnya PPNPN juga yang turut bekerja di kementerian. Karena kita adalah bagian dari masyarakat dunia maka kita harus mendukung terwujudnya world class governement yang juga menitiberatkan pada pelayanan. Pelayanan publik menjadi kesan pertama yang sangat penting,  pelayanan lembaga  bukan cuma pelayanan perorangan, tapi mencerminkan seluruh lembaga”, ujar Kokom.

Penjelasan mengenai Nilai Dasar ASN dikupas oleh pemateri dikaitkan dengan tugas yang dijalankan para pegawai Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek. “Standar yang sama diperlukan untuk kita dalam melakukan tugas untuk melayani masyarakat, oleh karena itu nilai dasar ASN inilah yang kita jadikan standar”, ujar Kokom.

“Manfaat acara seperti ini sangat penting mengingat bahwa semua ASN itu harus Berakhlak, tidak saja hanya para CPNS yang diberi materi ini tetapi juga PNS, P3K dan juga PPNPN yang pada dasarnya turut bekerja di Kemendikbudristek. Karyawan senior juga perlu memahami BerAkhlak ini sebagai pedoman yang sudah ditetapkan pemerintah terkait pelaksanaan tugas sehari-hari”, ujar Akhmad Hadi Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Pegawai. (SLM)