Sosialisasi Pembangunan ZI-WBBM Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek Tahun 2021

Sawangan, Pusdiklat— Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbudristek mengadakan Sosialisasi Pembangunan ZI-WBBM Pusdiklat Pegawai Kemendikbudristek Tahun 2021, Kams 8 Juli 2021 secara daring. Acara dibuka secara resmi oleh Kapusdiklat dan dihadiri oleh PNS dan PPNPN di lingkungan Pusdiklat Pegawai. Laporan mengenai pelaksanan sosialisasi disampaikan oleh Sekretaris Tim RBI Kwarta Adhimprana yang dilanjutkan oleh arahan dan paparan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Amurwani Dwi Lestariningsih.

“Pusdiklat Pegawai baru saja mendapat predikat Z/I WBK pada tahun 2020, tetapi pada 2021 sudah dipercaya untuk mewakili Sekretariat Jenderal untuk mendapatkan predikat ZI WBBM. Ini adalah sebuah bentuk kepercayaan yang luar biasa kepada Pusdiklat”, ungkap Kapusdiklat Pegawai.

Dalam paparannya Kapusdiklat Pegawai memberikan materi mengenai Linimasa Pengajuan ZI WBK/WBBM, Kriteria LKE ZI WBK/WBBM serta Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk meraih predikat ZI WBBM.  “Daftar responden pengguna layanan dengan ketentuan esponden adalah pengguna layanan yang telah purna mendapatkan seluruh tahapan/proses pelayanan, minimal 100 responden serta penerima Layanan (On The Spot) yaitu penerima layanan yang telah selesai menerima layanan pada saat survei dilaksanakan ataupun customer list yang telah selesai menerima layanan dari unit kerja maksimal 2 bulan kebelakang”, demikian tutu Amurwani. Selain itu ada 2 hal lagi yang perlu dipersiapkan untuk mendapat predikat ZI WBBM yaitu video profil dan proses Pembangunan ZI pada semua area di unit kerja yang diusulkan di upload pada website atau youtube resmi instansi/unit kerja durasi maksimal 15 menit serta mempersiapkan paparan untuk keperluan evaluasi secara virtual untuk semua area perubahan. Minimal informasi yang harus disampaikan adalah progres reform (kondisi before-after), identifikasi dan mitigasi risiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan pada unit kerja serta inovasi-inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas untuk mencegah KKN.

Selanjutnya acara diisi oleh Kabag TU Pusdiklat yang juga adalah Ketua RBI untuk Pusdiklat Pegawai tahun 2021 yang berbicara mengenai ZI WBK Pusdiklat pada tahun 2020, “Melihat pada penilain tahun 2020 maka Pusdiklat tidak terlalu banyak mengejar untuk mendapatkan nilai meraih predikat ke WBBM, kami optimis bahwa predikat tersebut bisa kita sama-sama dapatkan tentunya dengan kerja sama yang baik”, tutur Dewi Andayani.

Acara ditutup dengan penandatanganan Maklumat Pelayanan dan juga Komitmen Penerapan Budaya kerja yang dilakukan secara daring dimana masing-masing pegawai mengklik tautan yang sudah diberikan dan membubuhkan tanda tangan secara daring. (SLM)